Tips Efektif Cegah Mata Kering

image
MATA kering (dry eyes) disebabkan tidak memadainya jumlah dan kualitas air mata.
Mata kering disebabkan oleh penguapan air mata secara berlebihan karena faktor lingkungan; pembengkakan kelopak mata; atau tidak menyebarnya air mata pada permukaan mata.
Mata kering mengakibatkan timbulnya rasa tidak nyaman pada mata, seperti mata terasa lelah, pedih, kering, gatal, bengkak dan merah.
Jika tidak segera ditangani, mata kering bisa menyebabkan infeksi. Langkah pencegahan mata kering yang bisa dilakukan antara lain:
1. Teteskan air mata buatan. Rasa tidak nyaman dari mata kering bisa dikurangi dengan penggunaan air mata buatan (tetes mata).
Terbuat dari bahan-bahan seperti gliserin dan minyak alami, tetes mata dapat mengembalikan kelembaban pada mata, kata dokter mata Robert Latkany, direktur Dry Eye Clinic di New York Eye dan Ear Infirmary, di New York.
Berikan satu atau dua tetes pada setiap mata ketika Anda merasa tidak nyaman. Jika perlu gunakan tetes mata empat kali sehari, konsultasikan pada dokter mata Anda. Jika Anda memakai lensa kontak, gunakan tetes mata khusus.
2. Berkedip lebih sering. Saat berkedip, kelopak mata akan menyebarjan air mata ke seluruh mata, membersihkan debu, iritasi, dan bakteri pada mata.
3. Istirahatkan pandangan mata Anda dari layar komputer, televisi, telepon selular atau perangkat elektronik lainnya. Mata bisa menjadi kering jika menatap perangkat tersebut untuk waktu yang lama.
Jika Anda menatap monitor komputer untuk jangka waktu yang lama, tiap 20 menit alihkan pandangan dari layar dan fokus matakan pandangan mata pada objek sejarak kira-kira 20 meter.
4. Pasang humidifier. Kurangnya kelembaban udara di suatu ruangan dapat menyebabkan mata menjadi kering dan teriritasi.
5. Kenakan Kacamata. Ketika Anda berada di luar ruangan atau di lingkungan berdebu, kenakan kacamata untuk melindungi mata dari iritasi. Paparan angin dan matahari juga dapat menyebabkan mata kering.
6. Minum banyak air. Meningkatkan asupan cairan dapat menjaga kelembaban tubuh, yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi air mata.
7. Jaga lensa kontak Anda terhidrasi dengan baik. Pastikan untuk mencuci bersih lensa kontak Anda setiap hari sebelum Anda pergi tidur. Pastikan tangan bersih saat akan menggunakan atau melepaskan lensa kontak.
8. Makanlah asupan kaya Vitamin A, C dan E, dan asam lemak Omega-3. Vitamin-vitamin dan asam lemak memberikan mata nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.
9. Tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Cukup istirahat di malam hari memungkinkan stamina tubuh Anda pulih serta membantu mata Anda kembali lembap. Ketika mata Anda tertutup saat tidur, kelopak mata Anda mengisi bola mata Anda dengan kelembaban yang dibutuhkan.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2014/04/05/1099/Tips-Efektif-Cegah-Mata-Kering-

Anda ingin membeli obat herbal? Klik di sini