Bawang Putih Kuatkan Pertahanan Tubuh

Bawang Putih Kuatkan Pertahanan Tubuh
-
Bawang putih sudah dimakan dengan alasan sebagai obat selama ribuan tahun –para firaun di Mesir bahkan memberikannya untuk para pekerja mereka agar kuat dan sehat. Ilmu pengetahuan terbaru menegaskan khasiat dan manfaat bawang putih.

Melawan kanker. Menurut beberapa studi yang dimuat dalam laporan Anti-Cancer Agents in Medicinal Chemistry, bawang putih dapat memblokir pembentukan senyawa karsinogenik dan membantu perbaikan pada DNA. John Milner, Ph.D., dari National Cancer Institute, mengatakan bahwa senyawa sulfur dalam bawang putih benar-benar dapat berfungsi sebagai "pro-oksidan" -bahan kimia yang menyebabkan kerusakan oksidasi– pada sel-sel kanker dan  membantu untuk menghancurkan sel-sel kanker tersebut.

Menyelamatkan jantung. Bawang putih telah terbukti mampu menurunkan hipertensi dan pembentukan plak di dinding arteri. Sebuah meta-analisis di Australia menyimpulkan bahwa bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah pada orang dengan hipertensi, sementara tinjauan studi di Molecular Nutrition & Food Research menemukan bahwa diet yang kaya bawang putih dapat membantu mencegah aterosklerosis, yaitu gejala yang mengawali serangan jantung dan stroke, dengan mencegah pembekuan darah serta meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Penghancur radikal bebas. Sebuah review oleh para peneliti di Pakistan menunjukkan bahwa senyawa dalam bawang putih dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghancurkan radikal bebas terkait dengan penyakit dan penuaan.

Sebagai antimikroba. Dalam pengobatan tradisional, bawang putih sering digunakan untuk membunuh parasit, jamur, bakteri, dan virus yang menyebabkan infeksi. Komponen bawang putih  yang berperan sebagai antimikroba pada bawang putih adalah senyawa sulfur seperti allicin, beberapa protein, saponin, dan senyawa fenol.

Penurun kolesterol. Penelitian menemukan bahwa bawang putih dapat menurunkan jumlah kolesterol, LDL, serta VLDL (kolesterol jahat) dalam darah dan meningkatkan jumlah HDL (kolesterol baik) dalam darah. Hal ini disebabkan oleh komponen allicin dan turunannya yang dapat menghambat pembentukan kolesterol di hati.

Bonus manfaat: Membiarkan bawang putih cincang, yang ditumbuk, atau yang diiris di tempat terbuka selama 10 sampai 15 menit sebelum dimasak dapat meningkatkan senyawa yang menguntungkan.


Sumber : http://www.menshealth.co.id/kesehatan/mujarab/bawang.putih.kuatkan.pertahanan.tubuh/004/001/40

Ingin membeli kapsul ekstrak BAWANG PUTIH ? Klik di sini