Ciplukan Tanaman Obat Kaya Manfaat

Ciplukan Tanaman Obat Kaya ManfaatCiplukan, merupakan salah satu tanaman obat yang kaya akan manfaat. Siapa sangka tanaman yang merupakan salah satu jenis tanaman pengganggu bagi para petani palawija di pedesaan ini merupakan salah satu tanaman obat yang banyak memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Ciplukan tumbuh subur di wilayah pedesaan terutama di wilayah dataran rendah sampai dengan ketinggian 1550 m dpl. Ciplukan (Physalis minina) belum begitu dikenal sebagai tanaman obat di Indonesia, akan tetapi di Amerika Latin, Selandia Baru dan Australia, Ciplukan sudah amat dikenal sebagai tanaman obat, bahkan di keringkan, diolah  dan dijadikan sebagai makanan kecil dan diekspor ke berbagai negara.

Setiap bagian dari tanaman obat ciplukan bisa dipakai dan diolah untuk kepentingan kesehatan, ciplukan juga tak mempunyai efek racun yang berbahaya hanya saja memang rasanya agak pahit, wajar saja, bukankah kebanyakan obat juga rasanya pahit  ?

Manfaat Tanaman Obat Ciplukan untuk mengobati:
  • Penyakit Paru Paru, Rebus tanaman obat ciplukan lengkap semua bagian dengan 3-5 gelas air sampai mendidih kemudian saring dan diminum 3x sehari satu cangkir.
  • Penyakit Ayan, Makan 8-10 buah ciplukan setiap hari.
  • Sariawan, Makan 30 buah ciplukan segar setiap hari, buah ciplukan ini kaya akan vitamin C.
  • Hipertensi, Rebus 5 gr herba kering ciplukan dengan 110 ml air selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk, lalu saring dan biarkan dingin. Minum air rebusan itu 2x sehari pagi dan sore hari. Jangan diminum air rebusan yang sudah lebih dari 24 jam karena sudah rusak.
  • Kencing Manis, Rebus 10 gr ciplukan kering dengan 400 ml air,  lalu saring dan biarkan dingin. Minum air rebusan itu 2x sehari pagi dan sore hari. Jangan diminum air rebusan yang sudah lebih dari 24 jam karena sudah rusak.
  • Flu dan Sakit Tenggorokan, Ambil semua bagian ciplukan, potong potong 3-4 cm dan dijemur. Bungkuslah agar tak lembap. Rebus 9-15 gr dengan air secukupnya dan diminum 2x sehari, pagi dan sore hari.
  • Bronkitis dan Sakit GondongAmbil semua bagian ciplukan, potong potong 3-4 cm dan dijemur. Bungkuslah agar tak lembap. Rebus 9-15 gr dengan air secukupnya dan diminum 2x sehari, pagi dan sore hari.
  • Bisul dan Borok, Ambil daun ciplukan setengah genggam, cuci bersih dan digiling sampai halus, tempelkan dan balut dibagian tubuh yang sakit dan ganti sehari 2x. Untuk penyakit borok tambahkan air kapur sirih secukupnya.
Sumber : http://indrashare.com/ciplukan-tanaman-obat-kaya-manfaat/ 

Ingin membeli kapsul CIPLUKAN ? Klik di sini