Khasiat dan Manfaat Herba Ciplukan

Herba Ciplukan ( Physalis angulata L ) merupakan jenis tanaman terna semusim, tumbuh tegak, berongga dan berusuk. Terdapat forma berbatang hijau dan forma berbatang lembayung. Daun letaknya berseling, bertangkai. Helaian daun berbentuk bulat telur sampai lanset, tepi berlekuk atau beringgit, ujung runcing, tulang daun menyirip. Permukaan daun berwarna hijau, bagian bawah hijau muda, berambut halus. Bunga tunggal, keluar dari ketiak daun dan bertangkai.Mahkota bunga berbentuk lonceng warna kuning muda. Buah bentuk lentera, saat masak berwarna kuning. Biji bulat, pipih, berwarna kuning kecoklatan.


Kandungan Kimia :

Asam klorogenat, kulit buah mengandung C27H44O-H2O, dan biji mengandung elaidid acid. Daun dan batang juga mengandung physalin.Bagian yang digunakan biasanya adalah seluruh bagian tanaman.


Khasiat  : Anti piretik (Penurun panas), Analgesik (pengurang rasa nyeri), diuretik (peluruh air seni), pereda batuk.



Efek Farmakologis : diabetes, penurunan tekanan darah, antihepatoksik.



Cara Pemakaian :

Diabetes Mellitus : Tumbuhan ciplukan yang sudah berbuah di cabut beserta akar-akarnya dan dibersihkan. Layukan dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, hingga tinggal kurang lebih satu gelas kemudian disaring. Minum 1 kali sehari.


Sumber : http://obatnaturals.blogspot.com/2013/12/khasiat-da-manfaat-herba-ciplukan.html 


Ingin membeli kapsul CIPLUKAN ? Klik di sini