Kandungan dan Manfaat Tanaman Cakar Ayam

Cakar ayam merupakan tanaman yang banyak dijumpai di daerah tebing atau tempat yang berhawa dingin. Tanaman yang tumbuh liar ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah ulasan tentang kandungan dan manfaat yang terdapat pada tanaman cakar ayam. 

Tanaman yang dikenal dengan sebutan Rumput Solo atau Cemara Kipas Gunung ini mempunyai beberapa kandungan kimia yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain: saponin, phytosterol, dan alkaloid menurut informasi yang dilansir situs info-seha-t.blogspot.com. Seluruh bagian tanaman cakar ayam dapat dijadikan obat herbal. Cakar ayam memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis seperti rasa manis dan terasa hangat di tubuh setelah mengonsumsi ramuan cakar ayam, berdasarkan informasi yang dilansir situs iptek.net.id.

Tanaman obat yang satu ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit, baik yang ringan maupun yang kronis. Penyakit yang dapat disembuhkan oleh cakar ayam adalah kanker paru, bronkhitis, radang paru, tonsilis (radang amandel), hepatitis, dan rematik. Jika dikonsumsi secara teratur, kemungkinan penyakit Anda dapat terobati.

Selain itu, banyak orang yang menggunakan tanaman cakar ayam untuk mengobati batuk, koreng, perut busung, infeksi saluran kecing, dan tulang patah. Tentu saja, khasiat tanaman ini sudah terbukti dan dapat Anda coba.

Nah, Ladies! Itulah informasi tentang kandungan dan manfaat tumbuhan cakar ayam. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Oleh: Rani Rahma

Sumber : http://www.vemale.com/topik/tanaman-obat/42426-kandungan-dan-manfaat-tanaman-cakar-ayam.html

Ingin membeli kapsul CAKAR AYAM ? Klik di sini