Manfaat Tumbuhan Alang-Alang Bagi Kesehatan

Alang-alang atau ilalang merupakan sejenis tumbuhan gulma yang biasanya tumbuh dengan liar di ladang, lapangan berumput, tepi jalan, dan persawahan. Tingginya bisa mencapai hampir 2 meter. Daunnya menyerupai pita dengan tepi rata, lurus dan berujung runcing. Tumbuhan ini memang dapat tumbuh subur di tempat-tempat kering yang mendapatkan banyak sinar matahari. Alang-alang sejak dulu sudah dijadikan sebagai salah satu tanaman yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manfaat tumbuhan alang-alang ini diantaranya adalah untuk pengobatan.
Manfaat Tumbuhan Alang-Alang Untuk Pengobatan

Manfaat Tumbuhan Alang-Alang Untuk Pengobatan


Manfaat tumbuhan alang-alang terutama berasal dari bagian akarnya. bagian akar tumbuhan alang-alang memiliki sejumlah unsur kimiawi yang sangat berguna untuk kesehatan. Beberapa unsur diantaranya adalah glukosa, manitol, asam sitrat, arundoin, fernerol, esin, polifenol, taninin, dan alkali. Unsur-unsur kimiawi ini membuat alang-alang menjadi antipiretik yang berfungsi untuk meluruhkan kemih (deuretic), menurunkan panas, menghentikan pendarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus.

Secara lebih spesifik, manfaat tumbuhan alang-alang adalah untuk mengatasi bengkak yang timbul akibat radang ginjal, bengkak (memar) dan infeksi saluran kencing. Tumbuhan ini juga bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan akibat darah panas seperti mimisan, batuk darah, urin berdarah, dan muntah darah. Alang-alang digunakan juga untuk mengobati wasir serta mengatasi demam yang disertai dengan rasa batuk, flu, sesak, haus. Tidak hanya itu, khasiat alang-alang juga terletak pada kemampuannya untuk mengatasi sakit kuning dan tekanan darah tinggi.
 

Selain dari akar, manfaat tumbuhan alang-alang juga berasal dari bunga. Bunganya dapat digunakan dalam pengobatan mimisan dan batuk darah yang timbul akibat penyakit paru.  Alang-alang bisa digunakan dengan 2 cara, diminum atau digunakan untuk pengobatan luar. Jika hendak diminum, alang-alang direbus akar atau bunga. Bila yang digunakan adalah akar yang kering beratnya sekitar 15-30 gram, untuk yang masih segar 30-60 gram. Adapun untuk bunganya, gunakan sekitar 5-10 miligram. Bila masih tunas muda sekitar 5-10 gram. Selain itu akar juga bisa ditumbuk lalu diperas airnya. Bisa juga digiling kemudian dijadikan bubuk. Adapun untuk mendapatkan khasiat alang-alang melalui  pemakaian luar, yang digunakan adalah bulir bunga serta tangkainya yang kemudian digiling halus lalu dibubuhkan pada luka. Hasil gilingan disumbatkan ke dalam hidung jika hendak digunakan untuk menghentikan pendarahan. 

Sumber : http://rumahsehat4.blogspot.com/2013/12/manfaat-tumbuhan-alang-alang-untuk.html 

Anda ingin membeli kapsul akar alang-alang ? Klik di sini